Punya anak nakal……jangan sampai dech!nah, trus kenapa anak itu nakal? bagaimana nakalnya si anak itu? apa yang menyebabkan anak itu nakal? kita sebagai orang tua hendaknya mengetahui perkembangan kejiwaan dari sianak setiap hari.
Anak terlahir di muka bumi laksana kertas putih, hitam putih perjalanan hidup anak itu tergantung proses dari didikan orang tua. karena pada dasarnya sekolah atau tempat pendidikan pertama kali bagi anak itu adalah dirumah. Bagaimana kita bersikap dengan anak? Bagaimana kita menyikapi terhadap tingkah laku anak yang mungkin tidak kita sukai? itu merupakan pembelajaran bagi anak. sebab anak belajar dari apa yang dia lihat, apa yang dia dengar, apa yang dia rasakan karena semua itu adalah pendidikan baginya. Nah jika kita sebagai orang tua memberikan contoh yang baik maka anak akan meniru dari tingkah sikap dan ucapan kita. Anak mempunyai kecenderungan untuk berimitasi atau meniru pada lingkungannya, apalagi anak usia 2-3 tahun, apapun yang dia lihat dengan mudahnya akan ditiru tanpa memperhatikan baik buruknya.
Belakangan banyak terjadi anak menjadi korban ketidak sabaran orang tua dalam mendidik. sehingga anak harus menderita fisik, padahal mereka mencoba mengexpresikan dari setiap apa yang dia lihat, apa yang dia dengar, namun di mata orang tua tindakan anak itu keliru, sehingga untuk membuat jera terhadap anak, orang tua tidak segan-segan memberikan hukuman badan terhadap anak, yang mana hukuman badan terhadap anak terkadang akan berdampak negatif bagi si anak. Memang ketika itu anak mau mendengarkan atau mematuhinya karena didasari rasa takut, namun di balik rasa takut tersebut tersimpan dendam yang sewaktu – waktu bisa dia lampiaskan dalam bentuk apapun.
Nah bagi orang tua hendaknya kita juga menyadari bahwa anak itu juga bagian dari individu yang lain, maka dalam bergaul dengan anak, hendaknya kita dapat menempatkan kapan kita sebagai orang tua, kapan kita sebagai teman, sehingga anak tidak akan malu bercerita tentang permasalahan yang dihadapinya pada kita. se-sepele apapun permasalahan anak, jika kita mau mendengarkan, lebih-lebih memberikan solusi anak akan memberikan perhatian yang lebih terhadap kita.