Terkadang kita sebagai orang tua kurang mengerti kemauan anak, sehingga cenderung menyalahkan anak. Dan jika hal terus menerus dilakukan, anak akan berkembang kurang baik seperti tidak percaya diri.
Berikut Trik menghadapi Kenakalan anak dengan rukun sehingga tidak menimbulkan pertikaian antara orang tua dan anak :
  1. Hendaklah kita memahami segala bentuk perkembangan anak, baik jasmani, rohani, emosi, maupun tingkah laku anak dengan memperbanyak pengetahuan tentang itu. Bisa melalui referensi-referensi bacaan agama atau umum, seminar-seminar atau bisa langsung tanya kepada pakarnya.
  2. Setelah memahami hal tersebut, jangan lupa untuk memahami bagaimana kiat-kiat positif dalam menghadapinya. Karena masing-masing anak tidak sama, cobalah untuk mencari beberapa macam kiat usah

  3. Sebaiknya kedua orang tua saling berbagi informasi agar mereka memiliki frame yang sama dalam meperlakukan anaknya. Jangan sampai ayah melarang, ibu memperbolehkan, artinya orang tua harus kompak dalam pola mendidikan anaknya.

Karena bagaimana pun itu tingkah si anak adalah buah dari apa yang telah kita perbuat kepadanya. sebagaimana sabda Rasullullah SAW :

Setiap anak dilahirkan dalam keadaan fitrah, orang tuanyalah yang menjadikannya yahudi, nasrani, atau majusi. “

Oleh Karena itu orang tua haruslah memperhatikan beberapa hal terkait dengan pola asuh anak dan pendidikannya. Yang paling utama, hendaklah orang tua mendidikan dengan ketauladanan. Bagaimana juga, anak akan mencontoh perilaku orang tuanya. Maka dari itu, kedua orang tua harus berusaha untuk menjadi teladan bagi mereka. pepatah mengatakan : ” Buah tidak akan jatuh jauh dari pohonnya “