Blog merupakan kependekan dari weblog, pertama kali dipopulerkan oleh Jorn Barger pada tahun 1997. Dari tahun ke tahun perkembangan blog semakin meningkat. Blog kemudian menyesuaikan bentuk sesuai dengan kamuan para pembuatnya (Blogger). Dimana pada awalnya blog hanya merupakan suatu “catatan perjalanan” yang dionlinekan.
Blog tersebut mempunyai beragam fasilitas yang disediakan bagi blogger, antara lain :
  1. Satu user/blogger bisa membuat lebih dari satu blog (multiple blog)
  2. Blog menyediakan Commenting sistem, dimana terdapat suatu form untuk mengisi suatu komentar terhadap berita yang ditampilkan dalam blog tersebut.
  3. Templete yang disediakan cukup banyk dan menarik, dimana blogger tinggal menekan (klik) selesai sudah templete yang kita inginkan, tanpa harus pusing-pusing.
  4. dan masih banyak lagi fasilitas lainnya.

Terdapat banyak istilah dalam blog, antara lain :
Blogger yaitu orang yang menulis didalam blog tersebut.
Blogroll merupakan suatu link dari website yang dikumpulkan oleh blogger.
Blogheader adalah header dari sebuah halaman blog.
Blogmail adalah fasilitas emat yang terdapat didalam blog.
Blogside adalah sekumpulan informasi yang berhubungan dengan blogger yang berisikan daftar blog terbaru dan blog sedang populer dari blogger tersebut.

Dalam perkembangan TI sekarang ini, blog merupakan salah satu langkah singkat untuk membuat berita yang bersifat pribadi, kelompok, bahkan dalam bentuk global sekaligus. sekarang ini sudah banyak provider yang mempunyai fasilitas gratis buat blogger untuk membuat suatu blog. antara lain : Blogspot.com, wordpress.com dan masih banyak lagi penyedia layanan blog tersebut. tinggal bagaiamana kita memanfaatkan media yang ada tersebut.

Selamat ber-ngblog ria ‘man…………………………….!