Sebagai umat Islam, disadari atau tidak, penanggalan kalender masehi rasanya lebih akrab menemani waktu dan hari-hari kita. Padahal sesungguhnya Islam pun memiliki sistem penanggalan tersendiri. Keberadaannya pun sangat membantu kita mengetahui hari-hari besar islam. bahkan untuk beribadah sekali pun. Namun apa dan bagaimana sebenarnya kalender islam?

Dari berbagai sumber yang berkonsentrasi menangani perhitungan tahun, bulan dan hari, kalender hijriyah merupakan sebuah kalender yang perhitungannya dimulai dari nampak busur cahaya setelah bulan padam. atau secara lebih umum, sistem penanggalan ini mengikuti sistem peredaran bulan mengelilingi porosnya, makanya sistem penanggalan ini sering disebut qamariyah artinya sistem penanggalan yang berdasarkan pada peredaran bulan yang berbeda dengan sistem tahun syamsiyah yang berdasarkan pada peredaran matahari.
Karena adanya perbedaan dalam merujuk penganggalan itulah maka jumlah hari yang dimiliki tahun hijriyah tidak sama dengan jumlah hari yang dimiliki tahun masehi.
Jumlah hari yang dimiliki tahun hijriyah dalam satu tahun adalah 354 hari 48 menit 34 detik( atau 355 hari ) jika dalam tahun kabisat). sedang jumlah hari yang dimiliki tahun masehi adalah 365 hari 5 jam 48 menit.