Supaya Program Microsoft Windows yang digunakan dapat berjalan lebih baik maka perlu pengoptimasasikan windows. Ada beberapa cara dalam mengoptimalisasikan windows, salah satunya dengan manfaat tools windows (regedit). caranya, :
  1. Buka menu start – run dan kemudian ketik regedit. klik OK untuk memulai perintah.
  2. Setelah muncul Jendela Regestry editor, buka My Computer – HKEY_CURENT_USER – Control Panel – Desktop. Pada foldel desktop cari file Menu Show Delay.
  3. Jika kita menggunakan Windows XP, file tersebu sudah ada, tetapi jika menggunakan 9x, kita harus membuatnya terlebih dahulu.caranya, Klik Kanan file desktop kemudian pilih menu new – string Value dan klik satu kali. Selanjutnya ketik MenuShowDelay pada tempat yang tersedia.
  4. Klik Dua kali File MenushowDelay tersebut dan kemudian ubah/tambahkan builai (value) datanya menjadi 0 (pada WIndows XP, nilai datanya 400 dan kita tinggal mengubahnya).
  5. Selanjutnya, Klik OK untuk menutupnya.
  6. Pengaturan selanjutnya masih di My Computer – HKEY_CURENT_USER – Control Panel _ Desktop, tetapi pada folder Windows metricnya. Cari File MinAnimate dan klik dua kali, JIKA menggunakan Windows 98 Caranya sama dengan yang diatas.
  7. Ubah/Tambahkan nila (value) datanya menjadi 0.
  8. Setelah semua proses selesai, langkah berikutnya adalah me-restart komputer.

Dan rasakan perbedaanya dibanding dengan instalasi standart.