Bagaimana sich mendidik adak yang baik itu, Berikut Tips bagaimana cara yang baik mendidik anak itu :

  1. Tidak boleh membiasakan hidup mewah tau tidak boleh membuatnya menyenangi hiasan dan kesenangan, sehingga dikwatirkan akan membuatnya terseret kepada kehancuran bila besar nanti.
  2. Orang tua harus mengawasi sepanjang waktu, tidak perlu pembantu dalam membantu mengasuh anak kecuali dari wanita yang sholikhah, berpegang pada agama.
  3. Pengawasa terhadap anak harus dilakukan dengan cara yang baik, jika anak mersa malu dan tidak melakukan tindakan yang tidak baik kecuali karena kumuliaan akhlaknya
  4. Sedini mungkin untuk memperingatkan anak, jika anak melakukan perbuatan yang tidak terpuji.
  5. Membiasakan anak untuk tidak berpakain yang mencolok atau yang bisa mengundang nafsu lawan jenisnya.
  6. Pujilah anak saat melakukan perbuatan yang baik atau hadiah yang bisa menyenangkan hatinya. atau bisa juga dipuji di hadapan orang lain yang nantinya akan membuatnya bangga pada dirinya.
  7. Mengajarkan kepada anak untuk tidak membanggakan dirinya di hadapan teman-temannya. tetapi di harus siajarkan tawadhu’. dan menghormati setiap orang yang bergaul dengannya.
  8. Menyuruh anak untuk tidak mengambil apa pun yang ada didepannya. tetapi justru harus diajari memberi orang lain bukan mengambil dari orang lain.
  9. Membiasakan anak untuk tidak meludah disembarang tempat.
  10. Saat pulang sekolah, anak diberui kesempatan untuk bermain yang baik-baik, agar memberinya kesenangan dan istirahat setelah lelah sekolah. Sebab jika anak dilarang bermain dan terus menerus dipaksa untuk terus menerus belajar bisa mematikan hatinya dan membekukan kecerdikannya dan juga menjemukan hidupnya. sehingga dia mencari-cari alasan untuk keluar dari keadaan tersebut.
  11. Anak diajari utnuk taat kepada oran gtua, guru pendidik dan siapa pun yang lebih tua usianya dari lingkungan kerabat atau tetangganya.
  12. Jangan terlalu keras terhadap anak-anakmu.