Banyak gejala yang terjadi pada harddisk saat dia sudah mulai mengalami kerusakan. Antara lain :
Kesulitan Membaca Data
Kerusakan ini ditandai dengan pembacaan data oleh head pada daerah tertentu yang berulang-ulang (retry). Pembacaan data ini tidak adakn berhenti sebelum berhasil. Proses bergeraknya head pada saat kesulitan membaca sama seperti ketika membaca bad sector, tetapi pada kasus ini head akhirnya berhasil membaca data. Kesulitan membaca data ini bisa menjadi tanda-tanda akan terjadinya bad sector.
Bisa Diformat tetapi tidak bisa di baca
Hardisk bisa diformat dan melaporkan keberadaan bad sector. Namun ketika membaca data, head akan kesulitan malakukannya.
Tidak ada Respon
Beberapa perintah membaca atau menulis yang diberikan, tidak direspon oleh harddisk. Kondisi seperti ini disebut hang.
Terjadi bad sector
Bad sector pada harddisk adalah sector pada harddisk yang sudah tidak dapat digunakan untuk menyimpan data. Hal ini tentu sangat merugikan kita. Ada dua macam bad sector, yaitu bad sector yang bersifat sementara dan bad sector yang bersifat permanen. badsector sementara sebenarnya hanya bersifat software dan secara fisik platter tidak rusak, sedangkan pada bad sector permanen memang ada sector yang rusak secara fisik.
Tidak ada suara mendenging
Motor penggerak tidak bekerja dengan baik, kadang-kadang tidak dapat start atau berhenti setelah beberapa saat.
Dan kalau sudah begini mending beli yang baru. dari pada dibuat pusing itu pun jika punya uang, jika tidak ya sabar dulu ………………….