Harddisk merupakan media penyimpanan yang terdapat pada PC. Baik itu data sytem ataupun data file sering kita menyimpannya disana. Sebagai media penyimpan kita terkadang banyak bergantung pada harddisk tersebut. Padahal pada suatu saat yang namanya alat pasti akan rusak.
Banyak faktor yang menyebabkan kerusakan pada harddisk diantara :
1. Suhu harddisk yang terlalu panas
Jika panas pada harddisk terlalu tinggi, pembacaan data pada harddisk akan kacau. Dalam jangka waktu lama, usia harddisk akan menjadi pendek. Oleh karena itu,………. sirkulasi udara dalam CPU harus selalu dijaga, Jangan menutup lubang udalah yang terletak pada casing CPU.
2. Guncangan
Guncangan keras pada CPU akan meyebankan kerusakan harddisk secara fisik. Pada saat bekerja, head harddisk menggambang diatas permukaan piringan. Guncangan atau benturan akan meyebabkan head harddisk menyentuh bagian magnetik disk. Padalah, disk tersebut berputar sangat cepat. Akibatnya jalur pada daerah rawan, seperti FAT atau directori akan rusak.
3. Kerusakan Komponen
Kekuatan komponen-komponen pada harddisk sangat tergantung pada kualitas pabrikan dan cara penggunaannya. Pemakaian yang terus menerus akan meyebabkan panas yang berlebihan sehingga komponen-komponen harddisk akan cepat rusak. Penggunaan yang serampangan juga akan memperpendek umur komponen ini. Misalnya, pada saat memakai harddisk kita tidak melakukan prosedur parkir sebelum mematikan komputer, sehingga posisi head dapat berada diseberang posisi. Jika head berhebtu dan menyentuh permukaan disk tempat data atau sistem disimpan, bisa dipastikan lapisan magnet penyimpan data tersebut akan rusak.