Alat pengendali game untuk komputer ataupun Playstation yang lebih dikenal dengan joystick, memiliki desain yang tidak jauh berbeda. Boleh dikatakan tidak ada yang yang berbeda. Perbedaan antara kedua alat tersebut hanya terletak kedua alat tersebut hanya terletak pada jenis konektor yang digunakannya.
Jika pada komputer yang digunakan adalah serial, pararel, maupun USB,, maka pada PS Joystick yang mereka gunakan memiliki jenis konektor yang berbeda dengan semua jenis konektor yang digunakan di komputer.
Mungkinkah stick yang biasa digunakan pada PS dapat juga digunakan di game komputer………
Secara normal tidak akan bisa. tapi jika kita bisa tambahkan satu buah jenis converter yang memungkinkan kita untuk menggunakan stick PS pada komputer yang kita gunakan. Dan converter ini dengan nama USB PS/PS2 Player converter.
Cukup mudah untuk menggunakan alat ini. Kita hanya perlu sedikit langkah untuk menggunakannya. Mengingat Windows XP merupakan sistem operasi Plug and Play, terkadang bahkan kita tidak perlu meng-Install driver, dan kita bisa langsung menggunakannya.ikuti langkah-langkah sederhana dibawah ini :

Langkah Pertama
Koneksikan USB PS/PS2 player converter pada komputer.

Langkah Kedua

Setelah itu, Install driver dari converter yang anda tancapkan tersebut. Ikuti perintah instalasinya.

Langkah Ketiga

Setelah proses Instalasi berhasil, sekarang tancapkan stick PS anda pada kedua ujung converter tersebut, seperti halnya anda tancapkan stick PS anda pada playstation pada umumnya.
dan sekarang anda bisa menikmati permainan komputer sebagaimana memainkan pada playstation…….

Jika pada uji coba anda kurang berhasil, jangan komplain disini, karena sampai saat penulis posting tentang ini, juga belum pernah mencoba ….he….he…..he