Internet dalam dunia nyata ibarat rumah dengan beragam bentuk dan sifatnya. Daat saat ini belum ada sistem yang secara langsung bisa bersifat seperti orang tua, yang mampu mengontrol akses internet ke alamat-alamat yang tidak diinginkan, sehingga pengguna seperti anak-anak tidak akan bisa mengakses situs dewasa. Sebenarnya pada IE 5 suda simasukan sebuah sistem Content Advisor, dimana browser tidak mampu menspesifikasikan isi dan level pada lamat-alamat web site.
Dan untuk mengaktifkan hal tersebut, Jalankan Internet Explorer, Klik Tool, Pilih Internet Option, Klik Option, Kemudian tekan enable di dalam bagian Content Advisor.

Dasar-Dasar Pengaturan

pada tampilan raings tab ditamilkan sistem rating yang default, RSACi (Recreation SOftware Advisory Council) disediakan untuk melakukan pengaturan atau memberi batasan terhadap isi dan kategorinya, Jalan yang terbaik untuk mengetahui bagaimana RSACi ini bekerja, adalah dengna mengklik salah satu dari kategori rating : Language, nuduty, sex ……..
Klik beberapa kategori, dengan memanfaatkan slider anda bisa menggunakannya untuk menentukan banyak item browser. Misalnya : SLider Language yang didalamnya ada lima pilihan : Inoffensive slang, Mild Expletives, Moderate Explettives, Obscene gestures dan Explicit Or Crude Language. Geserlah semua bar untuk melakukan memblok. Slide bar yang tedapat di kanan ini akan mengijinan penggunaan bahasa pada level-level tertentu. Dengan melakukan beberapa interuksi yang tepat, anda bisa memberikan beberapa intruksi dan batasan enurut level yang anda inginkan.

Mengunci Setting

Setelah memastikan beberapa setting pada RSCAi, anda bisa mengunci setting tersebut agar tidak bisa diubah-ubah lagi setting yang telah anda tentukan tadi. Untuk memberikan password pada dialog box Content Advisor, Pilih General tab, lalu klik tombol Cange pasword…bila sebelumnya belum pernah memasukkan password didalamnya, maka tombol box old password bisa diabaikan ( Tidak diisi ) kemudian ini password anda pada New Password, dan ulangi ketik pasword pada confirm new password, lalu klik Ok.
Setelah semua selesai, anda bisa keluar dari semua dialog yang ditampilkan, dan sekarang internet explorer akan selalu memberi batasa pada setiap user yang menggunakan browser pada komputer tersebut. Bila anda sendiri ingin melakukan browsing pada komputer tersebut tapi tidak ingin diberikan batasan yang seperti duat diatas, anda bisa mendisable Content Advisor. tapi anda harus mengisi password yang anda buat tadi. bila anda lupa password tersebut, maka tidak akan bisa mendisable Content Advisor tersebut, dan itu lebih baik bagi anda untuk tidak memberikan contoh yang tidak baik terhadap anak kita secara tidak langsung, karena siapa tahu saat anda membuka apa yang tidak perlu diketahui oleh anak kita, tahu-tahu anda anda sudah berada disamping anda. dan itu mebahayakan bagi kewibawaan anda sebagai orang tua.