Ketika seorang murid ditanya, Pelajaran apa yang paling sulit disekolah? mereka langsung menjawab matematika. dan ketika murid kedua di tanya dengan pertanyaan yang sama, Jawabannya juga tidak jauh berbeda dengan murid yang pertama. Kenapa matematika adalah pelajaran yang paling sulit di sekolah ?

Banyak faktor untuk menjawab pertanyaan di atas.
Pertama : murid beranggapan jika pelajaran matematika adalah pelajaran yang abstrak, sehingga masing-masing murid harus berimajinasi dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru.

Kedua : Guru ketika mengajar pelajaran tersebut cenderung cepat marah jika anak kurang bisa memahami pada materi yang disampaikan.

Ketiga : Orang tua biasanya menjadikan pelajaran matematika tolak ukur kepandaian anaknya, sehingga mereka dituntut bagaimana untuk mendapat nilai yang tinggi. tuntutan semacam ini mengakibatkan anak tertekan dalam mempelajari pelajaran ini.

Pada dasarnya ilmu berhitung adalah ilmu terapan yang di hasilkan dari percobaan-percobaan. yang kemudian menghasilkan rumus-rumus. Namun dalam jangka waktu yang panjang matematika dianggap pelajaran tidak bisa diterapkan dalam dunia nyata. anggapan semacam ini mempengaruhi semangat anak dalam belajar.

Dan ketika proses pembelajaran hendaknya seorang guru harus bisa berinovasi dalam menyampaikan pembelajarannya, sebagaimana istilah cara lebih penting dari materi. Buat apa materi yang bagus tapi cara penyampaiannya kurang bisa dimengerti oleh murid.