Membaca adalah kunci dari gudang ilmu pengetahuan, karena dari membaca kita akan tahu banyak hal. Dan manusia hidup dan berkembang dari membaca. Maka dalam Islam ayat yang pertama turun dengan bunyi ” Bacalah”. Disitu mengandung arti perintah, jadi manusia diperintahkan untuk membaca.
Namun seiring perkembangan jaman manusia sudah mulai enggan untuk membaca. Perkembangan teknologi informasi sudah memanjakan orang untuk malas membaca. Kecenderungan hanya menonton atau mendengarkan. Nah bagaimana dengan anak kita apabila sudah malas membaca. Dari artikel yang pernah saya baca dari sebuah situs internet. ada 10 cara untuk menumbuhkan minat membaca pada anak.

  1. Biasakan anak untuk membaca dengan suara yang keras kurang dari 30 menit, dan setelah itu biarkan anak membaca dengan caranya sendiri.
  2. Menciptakan suasana rumah dengan berbagai macam bahan bacaan. Biarkan anak membaca pada bahan bacaan yang paling disukai sesuai dengan perkembangan usianya.
  3. Perlihatkan kepada anak saat kita sedang membca atau menulis, karena dengan demikian anak akan cepat meniru apa yang kita kerjakan.
  4. Melatih anak untuk menulis sesuatu dengan gaya bahasanya dan kemudian membacanya didepan seluruh anggota keluarga.
  5. Mintalah kepada anak untuk membacakan sesuatu yang kita butuhkan, meski kita pun bisa melakukannya. Yang mana melatih anak terlibat dalam sebuah sosialisasi.
  6. Mengkaji isi sebuah bacaan bersama anak, tanyak kosa kata yang sekiranya belum mereka ketahui.
  7. Bercerita, ajak anak untuk bercerita dari buku yang pernah mereka baca dengan cara memintanya untuk membacakan isi cerita kepada kita.
  8. Sediakan alat tulis dimana anak bisa menulis dan kemudian membacakan tentang kegiatan yang pernah dialaminya sehari-hari atau kegiatan yang akan mereka lakukan untuk esok hari.
  9. Jalin Komunikasi dengan gurunya disekolah, tanyakan tentang perkembangan belajar anak di sekolah, serta apa yang bisa kita lakukan untuk perkembangan belajarnya.
  10. Sering berkunjung ke perpustakaan atau toko buku, sehingga anak bisa tahu macam-macam buku bacaan.
Kalau kita sudah membiasakan anak untuk membaca, kelak di kemudian hari anak dengan sendirinya akan merasa bahwa membaca itu adalah sebuah kebutuhan. karena dengan membaca akan mengetahui berbagai macam ilmu pengetahuan, meski itu belum diajarkan di kelas