Ketika aku ditanya oleh seseorang, Bagaimana cara supaya kita bisa percaya diri terhadap orang lain ? Sebenarnya pada saat itu aku tidak tahu harus menjawab apa, Karena aku sendiri terkadang kurang percaya diri terhadap orang lain. Namun dari setiap aku bertemu dengan orang lain yang selalu percaya diri, aku menilai kalau orang yang percaya diri terhadap orang lain di karenakan mereka selalu merasa benar.
Nah, untuk memunculkan perasaan ini mungkin aku ada jawabannya :
Selama kita memegang prinsip kebenaran yang katanya ada 3 kebenaran, maka perasaan merasa benar itu muncul dengan sendirinya. 3 kebenaran itu yaitu :

1. Kebenaran Pribadi

Jika seorang sudah merasa benar menurut pribadinya, maka dia secara otomatis akan percaya akan dirinya. Namun kebenaran ini terkadang masih bisa di bantah dengan kebenaran yang lain; yaitu :

2. Kebenaran Sosial

Kebenaran ini adalah kebenaran yang berkembang di tengah masyarakat atau lingkungan. Dan jika seseorang merasa benar menurut sosial yang ada, maka dia tidak akan pernah canggung untuk berbuat di tengah-tengah masyarakat tersebut. Tapi kebenaran sosial yang ada belum tentu sesuai dengan kebenaran dengan sosial yang lain. Maka tidak ada kebenaran yang hakiki selain kebenaran yang berikut :

3. Kebenaran Religi (agama)

Kebenaran inilah yang di maksud dengan kebenaran hakiki, karena tidak ada agama yang mengajarkan kepada umatnya suatu kesalahan. Setiap agama menginginkan agar umatnya selalu dalam kebenaran dan keselamatan. sehingga jika orang menggunakan ketiga kebenaran tersebut maka orang tersebut tidak akan pernah merasa bersalah. Perasaan tidak bersalah ini yang akan membawa seseorang bisa percaya diri terhdapa orang lain.

Jadi jangan heran jika ada pencuri di lihat oleh orang lain akan lari, karena merasa bersalah inilah makanya pencuri itu lari. Kalu tidak lari….. sudah pasti digebuki… heh…heh…heh

Dengan Jawaban dan keterangan tersebut orang yang bertanya tersebut akhirnya manggut-manggut, entah manggut-manggut karena paham atau tambah pusing aku juga tidak mengerti.