Bekerja dengan komputer sangat membantu dalam penyelesaikan sebuah pekerjaan. Tapi apa yang ada dalam benak kita, bila kinerja komputer seakan lambat atau bahkan macet. Ini banayk dirasakan bagi mereka yang kurang memperhatikan “kesehatan” Komputer. Ibarat manusia bila selalu terus dipaksa untuk bekerja maka akan melemah kekuatanya. Begitu juga komputer, jika kita kurang bisa merawat perangkat tersebut, justru kita yang akan diperalat oleh alat tersebut, Mungkin dengan sering membawanya ke service.
Berikut trik merawat komputer supaya bisa bekerja secara cepat :

1. Bersihkan icon yang tidak terlalu penting.

Icon-icon yang berada di layar desktop memang membantu kita dalam menjalankan satu program applikasi. Namun jika dipasang terlalu banyak, itu bisa memperlambat saat loading pertama kali. Begitu juga pemasangan wallpaper yang terlalu banyak menghabiskan memory, sebaiknya dihindari.
Selain itu, juga bisa memanfaatkan fasilitas dekstop Cleanup Wizard, dengan cara :
Klik kanan pada area desktop –> Arrange Icon By –> Run Desktop cleanup Wizard

2. Bersihkan Registry

Yang biasa menambah dan mengurangi program di komputer, baiknya bersihkan registry secara rutin. Karena registry yang ada dan tidak diperlukan lagi secara otomatis tetap di baca oleh komputer dan ini akan membutuhkan waktu untuk membacanya.

3. Men-Disable Fitur Auto-run

Fitur ini akan menyebalkan, karena jika misalnya kita memasukkan CD ke dalam CD-ROM, dan CD tersebut ada masalah, justru akan membuat komputer kita menjadi hang. Dan ini pasti menjengkelkan. Untuk men-Disable fitur ini bisa dilakukan dengan cara :
Klik Kanan pada Drive CD –> Properties –> pilih tabs (Autopaly) Kemudian, disable autoplay dengan memilih (take No Action) untuk setiap kategori file yang tertera pada daftar.

4. Lakukan Defragmentasi

Sebagaimana jika tempat kerja kita berantakan, tentunya kita akan kesulitan mencari sesuatu yang kita butuhkan. Begitu juga Komputer, maka perlu defragmentasi, yaitu untuk merapikan file-file atau dokumen yang berserakan dalam sistem komputer.
Untuk yang ini tidak usah dibahas, karena tentunya pembaca sudah tidak asing lagi.

5. Non aktifkan Program starup yang tidak penting.

Program yang berjalan di starup tentunya akan menambah beban memory, jadi ada baiknya jika program yang tidak penting yang ada di starup kita non aktifkan.

Ini yang pernah saya lakukan, dan jika ada kekurangan atau kurang tepat bisa memberi masukan lewat komentar.