Supaya komputer atau PC bekerja lebih cepat dari sebelumnya (baca:standar) bisa diupayakan dengan dua cara, yaitu : Memodifikasi pada hardware dan software yang ada. Tapi disini saya akan membahas bagaimana membahas tentang apa saja yang diperlukan dalam memodifikasi komputer lawas.

Untuk memodifikasi hardware komputer tua, perlu memperhatikan syarat-syarat dan langkah-langkah sebagai berikut :

Biasanya Komputer-Komputer di bawah pentium III kurang greget atau kurang bertenaga, apalagi untuk digunakan sistem operasi Windows XP. Tapi jangan kuwatir ! mari kita coba untuk merubah peforma komputer-komputer tersebut. Tapi perlu diperhatikan komputer-kompuer tersebut harus memenuhi persyaratan di bawah ini :

  1. Komputer perlu dilengkapi dengan kartu memory yang berukuran lebih dari 128 MB atau kalau bisa lebih diatasnya (dianjurkan 256 MB).
  2. Perbesar kapasitas hardisk dengan keceptan minimal 5.400 rpm atau lebih diatasnya. Namun biasanya hardisk-hardisk tersebut kurang bisa di deteksi oleh BIOS komputer lama. agar bisa dideteksi kita bisa menggunakan software Disk manager untuk mempartisi harddisk tersebut supaya bisa space yang belum terdeteksi muncul kembali.
  3. Dan jika anda menggunakan seri windows XP, hendaknya gunakan yang tidak terlalu berat sperti XP Home Edition. Atau bisa menggunakan Linux, terserah gunakan distro yang mana saja.
  4. Pergunakan Applikasi seperlunya. Akan lebih nyaman jika tidak menggunakan aplikasi 3 Dimensi atau game animasi yang berat dan menjalankan lebih dari tiga applikasi secara sekaligus.
Selain hal-hal tersebut perlu penambahan komponen-komponen peripheral yang sesuai, ini akan membuat kinerja komputer lebih maksimal. tentu saja harus didukung sistem hardware yang siiip juga. Untuk membahas yang itu tunggu posting berikutnya…. (bersambung)