Ketika orang disuguhkan berbagai permasalahan hidup, ada banyak ragam cara mereka merespon permasalahan tersebut. Dari yang bersikap tenang atau dingin sampai harus marah-marah. Apa pun permasalahan tersebut, jika orang tidak bisa mengendalikan emosinya, akan bisa mengakibatkan kerugian bagi dirinya atau bahkan orang lain.

Apalagi di jaman sekarang, dimana tuntutan hidup terkadang harus mengabaikan sementara kehidupan sosialnya. manusia diburu waktu untuk terus bekerja dan bekerja, demi memenuhi kebutuhan hidup. Padahal jika kita kembali berpikir buat apa kita bekerja ? Tidak lain untuk bisa bertahan hidup, Itu saja mungkin sudah cukup. tapi karena bekerja untuk meraih sebuah kesuksesan, maka perlu ekstra keras dalam meraih itu.

Jika kita kembali ke peradaban lama di mana manusia hanya dituntut untuk bertahan hidup, tidak ada exploritasi alam yang berlebihan, karena manusia hanya mengambil dari apa yang mereka butuhkan, tidak lebih dari itu. Keseimbangan ekosistem alam pun terjaga dan alam pun bisa bersahabat dengan manusia. Dibandingkan dengan kehidupan modern seperti saat ini dimana Eksploritasi alam sungguh luar biasa, entah untuk kepentingan apa dan siapa, namun berdampak pada semua.

Dan ketika manusia baru sadar akan perbuatannya maka tak ada pilihan kecuali harus tetap menanggung akibat perbuatan yang telah dilakukannya.
Dan apa hubungannya dengan berpikir positif ?
Sudah saatnya semua menyadari, bahwa alam ini diciptakan dan diperuntukan kehidupan di bumi. Mau tidak mau anak cucu kita yang akan merasakan dari buah perbuatan kita sekarang.