James Cameron's Avatar: The Game with Figurine (PlayStation 3)Ragam budaya yang ada menciptakan berbagai macam permainan yang dimainkan oleh anak-anak. Dari permainan yang memerlukan ketangkasan, kepandaian,dan kecepatan dalam bertindak. Dimana kesemuanya terkadang mengandung makna filosofi yang mungkin belum dipahami bagi mereka yang bermain. Salah satunya adalah Gobak sodor. Permainan ini dimainkan oleh dua kelompok dan setiap kelompok terdiri dari beberapa anak. Kelompok satu bertugas untuk menjaga garis teretorialnya sementara kelompok yang lain berusaha untuk menerobos garis tersebut.
Dalam permainan ini si anak berusaha untuk menjaga garis agar tidak diterobos oleh lawan. Dan apabila kelompok lawan bisa menerobos garis tersebut artinya dia kalah dalam permainan tersebut.
Permainan ini membutuhkan ketangkasan dalam menangkap lawan yang akan menerobos garis atau bidang yang dijaga. hal ini dimaksudkan bagaimana menjaga apa yang sudah menjadi tanggungjawabnya. Apabila tanggung jawab ini diabaikan maka yang akan menderita ………….. kekalahan. Selain ketangkasan permaianan ini juga melatih bagaimana bekerja sama dalam sebuah tim.

Begitu juga dalam permainan petak umpet, dimana anak mempunyai dua tugas yang bersamaan, dia harus menjaga sebuah titik pertemuan agar tidak di sentuh oleh orang lain, dia juga harus menemukan masing-masing lawan di tempat persembunyiannya. Dua tugas sekaligus dalam satu waktu merupakan simbol bahwa manusia itu selalu dihadapkan oleh pilihan, mana yang harus didahulukan mencari atau menjaga.
Dan banyak lagi permainan permainan anak traditioanl yang sekarang mulai tersingkirkan oleh acara-acara TV yang jam penayangannya pun mulai dari anak bangun tidur sampai mau tidur kembali. Sehingga anak cenderung duduk manis dalam rumah.

Padahal dalam memainkan permainan-permainan tersebut akan tumbuh kreativitas-kreativias atau menumbuhkan rasa kesetiakawanan yang kuat. Akankah permainan-permainan tersebut akan hilang atau hanya sekedar sebuah cerita…….