Dalam sebuah jaringan komputer yang menggunakan kabel ada beberapa tipe pengkabelan yang sering digunakan antara lain :
* Coaxial / BNC (Banyan Network Cable )
* UTP ( Unshielded Twister Pair)
* Fiber Optic
Kable Coaxial
Tipe kabel ini memiliki keunggulan dalam biaya yang relatif murah dibandingkan dengan tipe pengkabelan lain, serta pemasangannya lebih mudah. Panjang kabel ini antara 0.5 – 185 m dengan maksium 30 komputer yang terhubung.
Tipe kabel ini menggunakan konektor RG-58 dan membutuhkan T connector dan End Terminator
Cara Pengkabelannya
Tiap PC yang akan terhubung pada jaringan harus menggunakan T connector dan bila jalur PC tersebut merupakan akhir maka satu sisi T connector harus ditutup dengan End terminator. Ibaratnya sebuah pipa paralon yang akan di lalui air, akhir dari paralon tersebut harus di akhiri dengan tutup.
Belkin PureAV AV21300-25 25-Foot RF Coaxial Video Cable

Kabel UTP
Kabel ini terbagi menjadi dua jenis yaitu shielded dan unshielded. Shielded adalah jenis kabel yang meiliki selubung pembungkus sedang yang Unshielded tidak mempunyai selubung pembungkus. Kabel jenis ini biasanya mempunyai 8 warna yang berbeda. Untuk konektornya menggunkan konektor RJ-11 atau RJ-45
50 FT CAT6 500MHZ Cable UTP Molded with Boot, RJ45 Cable Purple Color
Cara pengkabelannya
Untuk kabel jenis ini memiliki dua tipe pengkabelan :
1. UTP Stright Cable
2. UTP Cross Cable


Untuk UTP tipe Stright cable digunakan untuk menghubungkan satu PC dengan PC yang lain dengan menggunkan Concentrator / HUB. Pengkabelan tipe ini ujung satu dengan ujung yang lain urutan warnanya sama.

Dan untuk UTP Crossover digunakan untuk menghubungkan PC 2 buah PC tanpa menggunkan HUB. Pengkabelan tipe ini Ujung satu dengan ujung satu yang lain berbeda warna.

Untuk pengkabelan UTP dibutuhkan tang khusus yang biasa di sebut Crimping Tool yang di gunakan untuk meng-crimping RJ-45 yang sudah terpasang kabel UTP dengan benar. 
Yang perlu diperhatikan jangan sampai ada kesalahan dalam pengaturan kabel, karena jika terjadi kesalahan atau kabel tidak berfungsi dengan baik berarti kita harus membuang connetor tersebut. 

Kabel Fiber Optic
Kabel Jenis ini mrupakan salah satu jenis media tranfer data yang tinggi dan cepat dalam jaringan komputer yang mampu menggunakan transmisi -trasmisi modullasi. Kabel ini banyak diimplentasikan gunkan menghubungkan dua point network besar seperti perbangkan atau perkantoran.
Pengkabelannya pun membutuhkan NIC yang menyediakan atau yang ada ST connector.
2PCS 12ft Digital Audio Optical Fiber Toslink Cable