Sebagaimana dalam dunia nyata, Internet bisa dikatakan sebuah rumah yang mana di dalamnya terdapat berbagai ragam bentuk dan isinya. Dan hingga saat ini belum ada sistem yang secara langsung yang bisa mengontrol kases internet ke alamat-alamat yang tidak di inginkan, seperti situs-situs dewasa yang berisikan pornografi. Hal ini akan sangat berbahaya untuk komputer-komputer rumah yang terhubung dengan jaringan internet, karena jika di gunakan oleh anak-anak maka akan dengan mudah mengakses internet atau tanpa sengaja membuka situs dewasa.
Sebenarnya pada Internet Explorer generasi 5 sudah dimasukkan sebuah sistem yang bernama Content Advisor. dimana browser sudah mampu menspesifikan isi dan level pada alamat-alamat web site…..

Untuk menjalankan sistem ini, jalankan Internet Explorer, kemudian klik menu tools, Pilih Internet Option, Klik pada Content Tab yang ada di dalam dialog box Internet Option dan kemudian enable-kan di dalam Content Advisor.

 
Pengaturan Dasar

Pada tampilan Rating Tab ditampikan sistem rating yang default, RSACi (Recreational Sofware Advisory Council). yang mana disediakan untuk melakukan pengaturan atau memberikan batasan terhadap content dan kategorinya. Untuk mengetahui RSACi ini bekerja, adalah dengan mengklik salah satu dari kategori rating : Language, Nudity, Sex atau Violence.

Klik beberapa kategori, dengan memanfaatkan slider anda bisa menggunakannya untuk menentukan seberapa banyak item browser, misalnya : Slide Language, yang mana di dalamnya ada 5 pilihan seperti Inffosive Slang, Mild EEpletives, Moderate Expletives, Obscence Gesures, dan Explicit Or Crude Language.

Geserlah semua bar untuk melaukan blok. Slide bar yang berada di kanan akan mengijinkan penggunaan bahasa pada level-level tertentu. dengan melakukan pengaturan yang tepat, akan bisa memberikan beberapa intruksi dan batasan menurut level yang diinginkan.

Penguncian Setting
Setelah memastikan pengaturan RSCAi dilakukan dengan benar, lakuakn penguncian setting tersebut agar tidak dengan mudah diubah-ubah lagi pengaturan yang telah dilakukan sebelumnya. Untuk memberikan password pada dialog box Content Advisor yang telah di atur tadi cara yaitu :

Pilih General Tab ==> pilih Change Password ( Jika sebelumnya pernah mengatur password, maka pada Old Password bisa diabaikan atau tidak usah diisi), Kemudian isi password pada box New Password dan ulangi lagi pada box Confirm New Password. ==> Klik OK

Dengan cara tersebut maka Internet Explorer akan memberi batasan-batasan bagi penggunanya pada komputer tersebut. Namun jika tidak ingin dibatasi dalam penggunaannya, maka bisa dengan cara Men-Disable pada dialog box Content Advisor, dimana sebelum mendisable kita harus memasukkan password yang telah di buat sebelumnya.

Ini akan berguna bagi para orang tua yang mempunyai komputer dan dapat mengakses internet, supaya saat kita tidak ada di rumah anak-anak yang berada dirumah tidak bisa mengakses situs-situs yang tidak di inginkan.