Masih dalam rangka proses pembelajaran , posting kali ini membahas tentang komputer.
Akan terasa membosankan jika saat loading masuk windows terasa lambat atau lama, padahal sebenarnya untuk masuk windows setelah komputer dinyalakan hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari 1 menit. Dan jika ini memang benar terjadi ada beberapa hal yang perlu dilakukan :

1. Bersihkan Icon yang tidak terlalu penting di desktop.

Manfaatkan fasilitas Desktop Cleanup Wizard untuk membersihkan icon, dengan cara :
Klik kanan pada area kosong di desktop ==> Pilih Arrange Icons By ==> Run Desktop Cleanup Wizard ==> lalu ikuti intruksi yang ada.

2. Hindari penggunaan wallpaper yang memakan banyak memory.

Dimana setiap image yang tampil di laya destop akan memkan memory semakin besar kapasitas image akan semakin banyak memakan memory.

3. Mendefragmentasi Harddisk
Tidak ubahnya dengan meja kerja kita yang apabila berantakan, maka kita akn susah mencari file atau buku-buku yang kita cari. Begitu juga komputer semakin beratan file-file yang ada makan akan susah untuk komputer dan perlu waktu untuk melakuakn pencari file yang dibutuhkan.
Untuk caranya saya yakin pembaca sudah tidak asing dengan hal ini, maka tidak perlu saya sampaikan disini.(allaaah bilang aja klo males nulis…he…heee…hee)

4. Membersihkan Registry
Seringnya kita melakukan penambahan dan pengurangan program di komputer akan menambah regrestry yang ada di komputer, dimana in i juga akan bisa memperlambat kerja komputer, karena komputer tetap akan membca atau mencari regrestry yang dibutuhkan.

5. Menonaktifkan star-up program yang tidak terlalu penting.
Program yang berjalan di startup ini biasanya terlihat di sebelah kanan bawah dari komputer, semakin banyak program yang berjalan di sana maka akan memperlambat proses komputer, karena akan membaca satu persatu dari program yang ada.

Dengan cara yang demikain…e..e..e..e demikian maka maka komputer akan bisa berjalan normal sebagaimana yang diharap…semoga ada manfaatnya ..dan selamat mencoba…