Siapa yang tidak tahu dengan alat ini, bagi mereka yang gemar game PS pasti sudah tahu persis apa itu stick PS, alat untuk mengendalikan game ini jika di komputer lebih di kenal dengan sebutan joystick.

Pada prisipnya baik stick PS maupun joystick tidak banyak perbedaan, hanya terletak pada jenis konektor yang digunakannya. Jika di komputer jenis konektor yang digunakan adalah serial, pararel, maupun usb, berbeda dengan yang digunakan pasa PS (playstation).

Mungkinkah stick yang biasa di gunakan di PS juga bisa digunakan untuk game komputer …??? Jika melakukannya secara normal jelas tidak bisa, karena perbedaan konektor yang ada di PS dengan yang di PC. Tapi jika dilakukan dengan cara yang berbeda dengan menambahkan satu buah jenis converter memungkinkan menggunakan stick PS untuk game Komputer.

Converter stick PS ke komputer ini dikenal dengan sebutan USB PS/PS2 Player Converter. Jika di lihat dari namanya sudah bisa ditangkap alur kinerja dari peranti tersebut, dimana terkoneksi dengan komputer lewat port USB, meski tidak hanya terpaku pada port USB. Karena beragam jenis PS/PS2 player converter yang bisa digunakan.

Menggunakan peranti ini cukup mudah, apalagi pada sistem Windows XP. Mengingat sistem operasi ini yang plug and play, sehingga tidak perlu meng-install drivernya cukup dengan memasangnya bisa langsung menggunakannya.


Ada beberapa langkah yang saya tulis untuk menggunakan alat ini yaitu :

Langkah pertama
Menghubungkan USB PS/PS2 Player Converter pada komputer.

Langkah kedua
Menginstall criver dari converter yang ditancapkan tersebut, ikut perintah instalasi-nya

Langkah ketiga
Setelah proses instalasi selesai, silahkan tancapkan stick PS pada kedua ujung converter tersebut, sebagaimana menncapkan stick ps pada playstion.

Langkah keempat
Mengkonfigurasi strick tersebut dengan cara klik start ==> Control Panel ==> Game Controllers

Langkah kelima
Jika telah di jumpai kedua stck tersebut, silahkan mengkontrol fungsi rombol yang ada untuk disesuaikan dengan game pada komputer.

Sumber : tabloid komputek

Subscribe in a reader