Sebagai orang tua mendidik anak adalah kewajiban, sejak anak hadir ditengah-tengah keluarga anak sudah bisa menerima pendidikan. Karena sejak dilahirkan meski belum bisa melihat, anak sudah bisa mendengar. Apa yang didengar oleh anak dirumah itu juga merupakan sebuah pendidikan buat anak. Dan ketika anak mulai tumbuh hendaknya orang tua bisa menerapkan mendidik anak yang baik. berikut cara mendidik anak yang baik versi Haya Binti Al-Mubarok Barik :


Pertama

Tidak membiasakan hidup mewah terhadap anak atau membuatnya menyenangi hiasan dan kesenangan, sehingga tidak menyeretnya kepada kehancuran dikemudian hari.


Kedua
Mengawasi anak setiap hari, jika terpaksa untuk mengambil pembantu atau pengasuh anak hendaknya mengambil pembantu yang juga mengerti tentang mendidik anak yang baik.

Ketiga
Segeralah mengarahkan anak jika mendapatkan sifat-sifat anak yang menjurus kepada keburukan. Seperti melihat anak makan dengan tangan kiri atau anak makan sambil bersuara hendaknya orang tua segera memberi arahan bagaimana makan yang baik dan sebagainya.

Keempat.

Berilah pujian atau hadiah yang menyenangkan jika anak menunjukkan akhlak yang baik, atau memujinya di hadapan orang lain.


Kelima
Mengajarkan anak agar tidak membanggakan dirinya di depan teman-temannya. Biasakan anak untuk bersifa rendah diri dan menghormati orang yang bergaul dengannya serta berkata lemah lembut, tidak kasar.

Keenam

Mengajarkan anak untuk tidak mengambil apa pun yang ada didepannya, justru mengajari anak untuk memberi orang lain bukan mengambil dari orang lain.

Ketujuh

Berilah kesempatan bermain yang baik-baik kepada anak sepulangnya dia dari sekolah, agar memberi kesenangan dan istirahat setelah lelah di sekolah. Sebab jika anak dilarang bermain dan terus menurus dipaksa untuk belajar, justru akan mematikan hatinya, membekukan kecerdikannya dan menjemukan hidupnya sehingga dia anak mencari-cari alasan untuk dapat keluar dari keadaanya itu.


Kedelapan

Mengajarkan keataatan baik kepada orang tua, guru, pendidik dan siapapun yang lebih tua usianya dari kalangan kerabat atau tetangga serta harus menghormati mereka.


Kesembilan
jangan biarkan ada jarak antara mereka baik kepada kakak maupun adik.

Kesepuluh.

Jangan terlalu keras terhadapnya mereka atau memaksa, karena paksaan itu akan menekan jiwanya. bayangkan jika itu kita sendiri yang dipaksa maka pastinya kita juga akan berontak.

Semoga cara ada manfaatnya, meski dampak yang ditimbulkannya tidak sekarang, dan yang terpengtinga adalah menjadi tauladan bagi mereka.


Subscribe in a reader