Siapa yang nggak kenal dengan perangkat ini, perangkat yang satu ini mempunyai peranan penting dalam mengoperasikan komputer, karena keberadaan sebuah sistem tersimpan didalamnya. Apa jadinya jika kita perangkat ini mengalami kerusakan, bisa jadi malapetaka besar. Karena data ataupun file yang telah tersimpan didalamnya raib bersama rusaknya hardisk.

Dan sebelum mengalami yang demikian, hendaknya kita mengetahui gejala kerusakan pada hardisk. Berikut gejala-gejala kerusakan Hardisk :


Kesulitan Membaca Data

Pembacaan data oleh head pada daerah tertentu yang berulang-ulang(retry). Pembacaan ini tidak akan berhenti sebelum berhasil, dan proses bergeraknya heada pada saat kesulitan membaca sama seperti ketiak membaca bad sector, tetapi pada akhirnya berhasil membaca data. Kesulitan yang semacam ini menjadi tanda-tanda akan terjadinya bad sector.


Tidak Ada Respon

beberapa perintah membaca tau menulis diberikan, tidak direspon oleh hardisk, yang biasa dikenal dengan istilah hang.


Tidak Ada Suara Mendenging

Motor penggerak tidak dapat start atau berhenti setelah beberapa saat, menandakan motor penggerak sudah tidak bekerja dengan baik.


Bisa diformat tapi Tidak dapat Dibaca

Hardisk bisa diformat dan melaporkan keberadaan bad sector. Namun ketika membaca data, head akan kesulitan melakukannya.


Platter Rusak

Platter merupakan bagian harddisk yang berbentuk piringan yang dilapisi dengan bahan magnetik, sehingga mampu menyimpan data. Kerusakan Platter terjadi karena adanya goresan head pada piringan.


Terjadi bad sector

Bad sector pada harddisk adalah sektor pada HD yang sudah tidak dapat digunakan untuk menyimpan data. Ada 2 macam bad sector yaitu :
  1. Bad sector yang bersifat sementara atau bersifat software
  2. Bad sektor yang bersifat permanen atau bersifat fisik (platter rusak)



Berikut adalah tips merawat HD :

  • Jangan menggerakkan HD ketika komputer sedang nyala

  • Jangan mematikan komputer ketika HD sedang membaca

  • Jika HD akan dibawa, hendakknya gunakan bantalan HD

Demikian sekedar tips untuk merawat Harddisk agar lebih bertahan lama, biasanya komputer yang di pakai untuk sebuah proses pembelajaran akan lebih cepat rusak karena masih kurang mengerti bagaimana memperlakukan komputer tersebut
Sumber: Panduan menjadi teknisi komputer

Subscribe in a reader