Jika ada Indikasi kerusakan harddisk pastinya adanya faktor penyebab kerusakannya. Kurangnya pengetahuan tentang teknik komputer, terkadang membuat sembarangan dalam perawatan hardware komputer, yang mana ujung-ujungnya harus membeli perangkat keras lagi. Padahal dalam ilmu kesehatan ada filsafat “Pencegahan Lebih Baik dari Pada Pengobatan”.

Dalam upaya pencegahan ini, perlunya mengetahui faktor penyebab kerusakan komputer khususnya Harddisk. Berikut ini adalah faktor-faktor penyebab kerusakan pada HD :


Suhu Harddisk Terlalu Panas.

Jangankan Sebuah perangkat, kita saja kalau tubuh kita terlalu panas juga akan bingung mencari obat, betul, kan ? .. Suhu sangat berpengaruh pada kelangsungan fungsi HD. Jika panasnya terlalu tinggi, pembacaan data pada HD akan kacau. Dalam waktu lama, usia HD akanmenjadi pendek. Oleh karenanya sistem pendingin komputer juga perlu diperhatikan.


Guncangan CPU

Guncangan keras pada CPU kan meyebabkan kerusakan HD secara fisik. Pada saat bekerja head HD mengambang di atas permukaan piringan. GUncangan atau benturan akan menyebakan head HD menyentuk bagian-bagian magnetik disk. Padahal pada saat itu disk berputar dalam keadaan sangat cepat. Akibatnya jalur pada daerah FAT atau directory akan rusak.


Kerusakan Komponen
Kekuatan komponen-komponen pada HD sangat tergantung kualitas pabrikan dan cara penggunaannya. Penggunaan yang terus menerus akan menyebabkan panas yang berlebihan sehingga komponen HD akan cepat rusak. Beguitu juga penggunaan yang serampangan juga akan memperpendek umur HD. Seperti pada saat memakai HD tidak melakukan prosedur parkir atau mematikan komputer sesuai dengan prosedurnya. Sehingga posisi head berada disembarangan. Jika head berhenti danmenyentuk permukaan disk tempat data atau sistem, maka bisa dipastikan lapisan magnet penyimpan data tersebut akan rusak.

Kiranya demikian upaya kita dalam pencegahan kerusakan pada harddisk sebagai bentuk proses pembelajaran, dan kalau ada kurangnya boleh dikasih tamabahan melalui kommentar…


Subscribe in a reader