Sukses itu adalah dari dalam diri sendiri. Kata ini saya ambil untuk mengawali posting ini. Faktor utama kesuksesan seseorang adalah dari dalam dirinya sendiri, sementara orang lain hanyalah faktor pendukung. Ada apa dalam diri kita ???….

Sejak dilahirkan manusia sudah diberi kecerdasan-kecerdasan baik kecerdasan intelektual, emosional, maupun spritual. Tergantung pada manusia bagaimana mengolah dan melatih kecerdasan-kecerdasan tersebut sehingga mampu menjadikan sebuah kesuksesan dalam hidupnya. Kecerdasan intelektual akan menjadikan pandai dalam berpikir, kecerdasan emosional akan menjadikan pandai dalam mengatur dirinya, dan kecerdasan spritual menjadikan pandai dalam mensyukuri atas nikmat-nikmat yang telah diberikan-Nya.

Kenapa manusia tidak bisa menjadi dirinya sendiri?


Disini saya cuma menyebutkan 2 faktor, yaitu :

Suka Meniru

Kecenderungan manusia untuk meniru inilah yang bisa menghambat manusia menjadi diri sendiri. Apalagi meniru yang tanpa landasan atau sekedar ikut-ikutan. Kalau kita perhatikan mereka-mereka yang sukses dalam hidupnya adalah mereka yang mampu menjadi dirinya sendiri bukan diri orang lain.


Tidak Percaya Diri

Tidak kepercayaan diri seseorang biasanya muncul karena seringnya membanding-bandingkan dirinya dengan orang lain, sehingga ketika dia menyadari ada orang lain yang lebih dari dia dari segi apapun, seseorang akan merasa minder yang menjadi awal ketidakpercayaan diri.

Jika kita perhatikan mereka-mereka yang sukses dalam hidupnya adalah mereka yang mampu menjadi diri sendiri, sehingga orang lain akan mengenal dia adalah dia. Banyak tokoh-tokoh figur yang menjadi terkenal justru karena dia mampu menjadi dirinya sediri.

Lalu bagaimana untuk menumbuhkan kepercayaan diri sebagai bentuk proses pembelajaran, Insyaallah akan berlanjut di posting berikutnya. ( alasan sudah kehabisan bahan, ha..ha..ha) Dan kalau ada faktor sebab tidak bisanya manusia menjadi diri sendiri yang lain yang mungkin saya belum tahu bisa ditambahkan di komentar sebagai bahan resensi saya.


Subscribe in a reader