Rutinitas adalah suatu kegiatan yang dilakukan hampir setiap hari, dari bangun tidur hingga mau tidur lagi, dari mulai urusan-urusan yang kecil sampai urusan-urusan yang besar. Dan tidak jarang suatu rutinitas ini bisa mendatangkan suatu kejenuhan, dan itu manusiawi. Tapi jangan sampai kejenuhan tersebut menjadi penghambat kreatifitas dan kualitas kita.
Dan ketika seseorang sedang mengalami kejenuhan biasanya akan tampak hal-hal seperti :


Merasa Terbebani

Orang hidup pasti punya beban pikiran. Karena pada dasarnya beban itu merupakan tanggung jawab yang harus dipikulnya. Seorang kepala Rumah tangga bertanggung jawab terhadap keluarga, seorang kepala perusahaan bertanggung jawab atas karyawan-karyawannya, seorang pelajar bertanggung jawab atas tugas-tugasnya dan seterusnya. Dan ketika beban itu hanya mengisi pikirannya akan menambah berat beban tersebut.

Agar tidak menjadi suatu beban dalam melakukan pekerjaan, lakukanlah itu atas dasar keinginan sendiri, jangan atas dasar orang lain, karena sesuatu yang muncul dari dalam diri sendiri biasanya merupakan sebuah inspirasi, harapan atau keinginan.


Tidak Fokus Terhadap pekerjaan

Jika orang sudah merasa jenuh terhadap suatu pekerjaan, akan berpikir sesuatu pekerjaan yang lain. Sehingga pekerjaan yang sedang dihadapinya tidak dilakukan dengan sepenuh perasaan dan pikirannya.

Untuk itu dalam memilih sebuah pekerjaan, kalau bisa pilih pekerjaan yang sesuai dengan hobi dan minat. Tapi jika tidak, bisa dengan meluangkan waktu menyalurkan hobi atau minat tersebut disela pekerjaan.



Sering Cepat Marah

Setiap aktifitas selalu melibatkan emosional kita, sehingga tidak jarang ketika orang sudah merasa jenuh, melampiaskannya dengan cara marah-marah yang tidak jelas alasannya.

Supaya aktivitas tidak mengakibatkan kejenuhan terhadap diri kita, tidak ada salahnya jika melakukan hal-hal berikut :


Menyelingi dengan sedikit canda dengan orang-orang disekitar.

Memutar musik selama tidak mengganggu yang lain

Melakukan pekerjaan-pekerjaan yang lebih ringan, Seperti membuat minuman sendiri, berjalan melihat-lihat hasil pekerjaan orang lain.

Meregangkan otot-otot badan dengan senam kecil.

Banyak hal lain yang bisa kita lakukan untuk mengurangi kejenuhan, tergantung kreatifitas kita dalam mengolah emosi sebagai bentuk proses pembelajaran diri. Karena dari hal-hal kecil yang kita lakukan akan muncul inspirasi untuk pekerjaan yang sedang dihadapi.

Subscribe in a reader