Tidak terasa blog ini sudah berumur kurang lebih 3 bulan, dan ini mungkin belum apa-apa jika dibandingkan dengan blogger-blogger yang lain. Tapi buat saya merupakan suatu kebanggaan tersendiri, karena meski masih tergolong pendatang baru namun bisa memecahkan angka 0/10 PR-nya google menjadi 2/10 dan bisa mengikis angka jutaannya PR-nyaAlexa hingga menjadi 701.585.

Semua ini tidak terlepas dari teman-teman blogger yang lain, baik yang sekedar berkunjung (blogwalking) atau yang membaca dan memberi komentar pada posting, maupun mereka-mereka yang sudah jadi pengikut blog ini. Dan Tidak kalah pentingnya buat mereka yang sudah mau bertukar Link baik teks maupun banner…(Tararengyu alias Maturnuwun/skalangkung, Dunke … )

Dari sini saya mendapatkan pelajaran dari sebuah proses pembelajaran dalam menaikkan page rank baik dari google maupun alexa bisa menempuh cara-cara :


Update posting secara berkala, baik dengan cara membuat new entry maupun meng-edit posting lama. Usahakan tidak lebih dari 6 hari mengupdate posting.


Kunjungan keblog sahabat, baik yang sudah kita kenal maupun yang masih asing. Yang mana ini juga efektif khususnya untuk meningkatkan trafik blog guna meningkatkan Pagerank Alexa.


Komentar, di blog yang menganut paham do follow, terlepas dari pro-kontra dofollow ataupun nofollow.


Bertukar Link dengan sahabat blogger lainnya.


Submit pada blog directory ataupun bookmark.

Hal-hal yang telah saya sebutkan diatas jika cuma dipikirkan bisa mengakibatkan kejenuhan, untuk itu saya mencoba hindari kejenuhan dengan kegiatan-kegiatan yang saya anggap lebih ringan dan menyenangkan.


Ucapan terima kasih saya kepada mereka yang baik langsung maupun tidak langsung telah memberi masukan dan inspirasi buat saya :

Agus Ramadhani (Oom); dari templete-templete beliau saya sedikit-banyak belajar bahasa HTML.

Bang Jagur (Meriam sijagur) ; Dari posting sejarah Meriam-sijagur “server buntut” muncul semangat baru setelah pernah di Kick-Out Mbah google.( “server buntut” masih kepake g bang ??? he…he..)

MasterGoMaster (===???===) ; atas usulan dan masukannya buat perbaikan blog ini.

Jenk Ina Antique(Tulisanbiasa) ; blog pertama yang saya tahu dikelolaoleh seorang cewek, Kalo perempuan bisa kenapa saya tidak… )

Buat yang belum saya sebutkan disini tetap ucapan terima kasih untuk kalian semua. Blog ini untuk sebuah proses pembelajaran, maka tidak cukup sampai disini. Kata pepatah belajar itu sejak dilahirkan hingga akhirnya meninggal. Dan belajar itu tidak hanya dalam satu hal, karena masih banyak hal lain yang perlu dipelajari dalam hidup ini untuk menumbuhkan kepercayaan diri sehingga mampu untuk menjadi diri sendiri.

Subscribe in a reader